15 Nov 2018

Soal Suhu dan Kalor

Pak Salim dah lama tak posting soal soal fisika di blog Fisika Pak Salim ini, kesempatan ini pak salim posting soal fisika tentang suhu dan kalor. Semoga saja soal yang salim posting ini bermanfaat bagi kamu yaa..

Apa yang anda pikirkan dari dua gambardibawah Seandainya anda berada dekat di tempat tersebut apa yang anda rasakan? Kehangatan tentunya akan anda rasakan manakala dekat dengan api unggun, namun hawa dingin akan anda alami saat anda diterpa badai salju. Ukuran mengenai panas atau dinginnya suatu benda dalam kehidupan sehari-hari kita menamakannya dengan “suhu/temperatur

Soal Suhu dan Kalor

1. Sebuah batu marmer yang massanya 340 kg terguling dari puncak tebing dan jatuh bebas setinggi 140 m dari tanah. Perkirakan naiknya temperatur batu tersebut jika 50% kalor yang ditimbulkannya tetap pada batu!

2. Sebuah batang timah yang sangat panjang, diameternya 2 cm dan menyerap kalor 320 kj. Seberapa banyak perubahan panjangnya? Apa yang terjadi jika panjang batang tersebut hanya 2 cm!

3. Seorang pelari marathon mempunyai kecepatan metabolisme rata-rata sekitar 1000 kkal/jam. Jika bobot pelari 65 Kg, berapa banyak cairan yang hilang dari tubuhnya akibat penguapan dari kulit setelah berlari selama 2,5 jam!

4. Sebuah peluru timah 15 gram melesat dengan kecepatan 220 m/s menembus dinding besi yang tipis dan keluar dengan kecepatan 160 m/s. Jika peluru menyerap 50% dari kalor yang dihasilkan:
a. Berapa kenaikan temperatur peluru?
b. Jika temperatur disekitarnya 20 ⁰C, apakah ada bagian peluru yang meleleh? Jika ada, seberapa banyakkah?

5. Jumlah kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan temperatur 20 Kg air dari 15⁰C menjadi 95 ⁰C adalah . . . .

6. Sebuah bola tungsten mempunyai temperatur 25⁰C dengan emisivitas e sebesar 0,350. Daya yang dipancarkan oleh bola tungsten pada radius 22 cm adalah . . . .

7. Dua buah ruangan masing-masing berbentuk kubus dengan rusuk 4 m. Dinding antar ruangan tersekat oleh batubata dengan tebal 12 cm. Beberapa lampu 100 W terpasang pada salah satu ruangan sehingga terjadi perbedaan temperatur udara, ruangan pertama 30 ⁰C dan ruangan kedua 10⁰C. Banyak bola lampu yang dibutuhkan untuk mempertahankan suhu dikedua sisi dinding adalah . . . .

8. Sebuah pemanas air dapat menghasilkan 7200 kkal/jam. Banyak air perjam yang dapat dipanaskan dari suhu 15 ⁰C sampai 50 ⁰C adalah . . . .

9. Sebuah logam massanya 5,1 Kg, untuk menaikkan suhunya sebesar 10 ⁰C dari suhu mula-mula dibutuhkan kalor sebesar 135 kJ. Kalor jenis logam tersebut adalah . . . .

10. Sampel tembaga, alumunium, dan air mengalami kenaikan temperatur yang sama ketika menyerap kalor dalam jumlah yang sama. Perbandingan massa logam-logam tersebut beserta air adalah . . . .

11. Ketika kepingan besi 290 g yang suhunya 180 ⁰C diletakkan di bejana kalorimeter alumunium 100 g yang berisi 250 g gliserin dengan suhu 10 ⁰C. jika temperatur akhir terbaca 38 ⁰C, kalor jenis gliserin adalah . . . .

12. Sebuah teko alumunium 360 gram mempunyai daya listrik 750 W. Waktu yang dibutuhkan oleh teko untuk mendidihkan air 0,6 liter dengan suhu 8 ⁰C adalah. . . . (asumsikan tidak ada air yang menguap)


EmoticonEmoticon