Thursday, 28 June 2018

Soal Hots Fisika : Hukum Kekekalan Energi dan Energi Potensia Pegas

Pak salim sudah lama tak update blog fisika pak salim ini, kesempatan ini saya akan bagikan soal yang menurut saya adalah soal hots yang di ambil dari soal UN Fisika SMA 2018. Soal hots ini berkaitan dengan hukum kekekalan energi mekanik, namun konsep hukum kekekalan energi menakinik  ini dikaikan dengan energi potensial pegas dan hukum hook.

Soal UNBK 2018 sudah banyak diselipkan soal soal hots, tidak hanya pada fisika, namu pelajaran lain sudah banyak soal hots. Yang paling heboh setelah UN  2018 adalah soal pada matematika yang banyak soal hotsnya. Semoga pembahasan soal hots yang kami bagikan dibawah ini bermanfaat.

Silahkan simak soal hots berikut.

Anak panah dikaitkan pada tali busur, kemudian ditarik kebelakang dengan gaya 20 N sehingga tali busur meregang pada jarak 20 cm. Gesekan udara diabaikan, massa anak panah 250 gram, maka kecepatan anak panag saat meleset dari busur adalah ...

Pembahasan.

Soal Hots Fisika : Hukum Kekekalan Energi dan Energi Potensia Pegas

Untuk menjawab soal ini, kita bayangkan sebuah busur panah yang sudah dipasang anak panahnya, kemudian ditarik. Pada saat ditarik kebelakang dengan gaya 20 N kebelakang pada jarak 20 cm, pada saat ini anak panah memiliki energi potensial pegas (Ep1), namun pada saat belum dilepaskan energi kinetik anak panah adalah nol karena masih diam (Ek1 = 0). Sesaat dilepas anak panah tidak lagi memiliki energi potensial pegas (Ep2 = 0), kerena sudah lepas dari tali busur, dan pada pasa saat itu anah panah bergerak dengan kecepatan maksimum (Ek2). Anak panah bergerak dengan adanya perubahan dari energi potensial awalnya saat ditarik berubah menjadi eneri kinetik.

Energi Potensial pegas (Ep = 1/2 F. x)
Energi Kinetik (Ek = 1/2 mv2)
EM₁ = EM₂
Ep₁ + Ek₁ = Ep₂ + Ek₂
1/2 F . x + 0 = 0 1/ mv²
v² = (F. x)/m

Maka setelah dimasukkan angkanya dapat hasil kecepatan anak panah saat lepas itu adalah 4 m/s


EmoticonEmoticon