Monday, 27 March 2017

Soal HOTS Pengukuran Suhu dan Pembahasannya

Sudah tidak lama menulis soal hots di Fisika Pak Salim. Kali ini saya hadirkan soal hots tentang pengukuran suhu yang disertai dengan pembahasannya. Nampaknya sederhana sekali kalau membahas soal hots tentang pengukuran suhu, karena sejak SMP kemudian SMA kembali lagi membahas pengukuran suhu dengan membanding Termometer Celcius, Termometer Fahrenheit, Temometer Reamur dan kadang temometer X atau termometer yang belum diketahui.

Tidak jarang guru kita ketika belajar di SMP memberikan rumus perbandingan suhu antara celcius, fahrenheit, reamur dan kelvin dengan menggunakan perbandingan 4/9 , 4/5 5/4, 5/9 dll dan kemudian memberikan persamaan (X - Xb / Xa - Xb) = ( Y - Yb / Ya - Yb). Persamaan inilah yang bisa dipakai secara universal untuk termometr tertentu nantinya.

Berikut Contoh Soal HOTS Pengukuran Suhu dan Pembahasannya yang dimulai dari soal yang mudah

Soal 1
Dalam membuat sebuah tugas proyek, sekelompok siswa membuat sebuat temometer X dengan mengkalibrasikannya pada temometer Celcius. Dari Hasil yang diperoleh, kelompok tersebut menyajikan dalam bentuk grafik berikut. Berapakah titik didih termometer X tersebut.

Pembahasan
Untuk menentukan titik didih / titik atas .

Sebelum menjawab anda harus paham titik didih dan titik beku termometer Celcius

Titik Didih termometer Celcius adalah 100 derjat Celcius 

Titik beku termoter celcius adalah 0 derjat Celcius 

Lihat dari grafik, bawah titik beku temometer derjat celcius sama denagn titik beku temometer derjat X berari titik beku termometer derjat X juga 0.

Lihat skala yang terbaca termometer celcius adalah 50 derjat Celcius, berarti setengah dari retang skala, dan termometer X yang terbaca adalah 70 yang memiliki titik beku sama maka 70 juga setengah dari rentang skala termometer X 

Maka Titik Atas Temometer X adalah 140 derajat X.

Atau gunakan rumus umum tadi.

(X -Xb / Xa - Xb) = (C - Cb / Ca - Cb)
(70 - 0 / Xa - 0 = ( 50 - 0 / 100 - 0)
Xa = 140 derajat X


Soal 2
Dalam membuat sebuah tugas proyek, sekelompok siswa membuat sebuat temometer X dengan mengkalibrasikannya pada temometer Celcius. Dari Hasil yang diperoleh kelompok tersebut menyajikan dalam bentuk grafik berikut. Temometer X dan temometer Fahrenheit disentuhkan degan pada satu benda. Jika termometer Fahrenheit menunjukkan angka 113 maka termometer X menunjukkan angka . . .

Soal HOTS Pengukuran Suhu dan Pembahasannya

Pembahasan

Soal no 2 hampir sama dengan soal no 1, yang membedakan soal no 2 ini memiliki satu tingkat kesulitan kembali.

Untuk menjawab soal ini, silahkan lakukan langkah yang sama dengan soal no 1 sehingga menemukan titik didih temometer X. 

Selanjutnya anda harus mengetahui titik didih dan titik beku termoneter fahrenheit.

Titik didih 212
Titik Beku 32

didapat titik didihnya pada soal no 1, selanjutnya hubungkan dengan temometer Fahrenheit dengan persamaan umum

( X - Xb / Xa - Xb ) = ( F - Fb / Fa - Fb )
( X - 0 / 140 - 0 ) = ( 113 - 32 / 212 - 32 )
( X / 140 ) = ( 81  / 180 )
( X / 7 ) = ( 81  / 9 )
( X / 7 ) = 9
X = 63 derajat X

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon