Saturday, 18 June 2016

Soal dan Pembahasan Gelombang Bunyi

Suara guntur terdengar 12 sekon setelah kilat terlihat. Jika jarak asal kilat dari pengamat adalah 3960 m, berapakah cepat rambat bunyi?


Seorang anak melepaskan sebuah kelereng dari tepi atas sebuah sumur. Setelah 3 1/8 sekon, ia mendengar bunyi kelereng menyentuh air. Jika g = 10m/s2 dan laju rambat bunyi 360 m/s, tentukanlah kedalaman permukaan air sumur diukur dari tepi atas sumur.
 


Sebuah ambulans bergerak dengan kelajuan 10 m/s sambil membunyikan sirine dengan frekuensi 400 Hz. Cepat rambat bunyi diudara adalah 340 m/s. seorang pengendara motor mula-mula mendekat dan kemudian menjauh dengan kelajuan 5 m/s. berapa frekuensi sirine yang didengar oleh pengendara ketika ia mendekati ambulans dan menjauhi ambulans?
Dua buah garpu tala ( A dan B) menghasilkan 4 layangan per detik ketika dibunyikan pada saat yang bersamaan. Jika A memiliki frekuensi 508 Hz, berapa frekuensi B yang mungkin?

Seutas senar dengan panjang 3 m terikat pada kedua ujungnya. Frekuensi resonansi nada atas pertama senar ini adalah 60 getaran/sekon. Bila massa persatuan panjang senar 0,01 gram /cm, berapakah besar gaya tegangan kawat?

Dua buah dawai baja yang identik memberikan nada dasar dengan frekuensi 400 Hz. Bila tegangan dalam salah satu dawai ditambah 2 %, berapa frekuensi layangan yang terjadi?
 

Frekuensi nada dasar suatu pipa organa terbuka sama dengan frekuensi resonansi ketiga suatu pipa organa tertutup. Jika panjang pipa organa terbuka 0,6 m, hitunglah panjang pipa organa tertutup.

Sebuah sumber mengirim gelombang bunyi dengan daya keluaran 80 W. anggap sumber bunyi adalah titik.
a. tentukan intensitas bunyi pada jarak 3 m dari sumber.
b. tentukan jarak tempat yang intensitas bunyinya berkurang sampai taraf intensitasnya 80 dB.

 Soal diatas adalah bersumber dari buku marthen kaningan tentang bunyi



EmoticonEmoticon