4 Aug 2015

Data gabungan

Ketika saya terbangun dari tidur jam 2 malam, ada seorang siswa yang ikut terbangun juga karena saya menghidupkan lampu. Saya bangun karena kuota internetan saya malam hari masih banyakk, dan untuk siang hari hampir habis. Ketika baru membuka jendela brouser siswa berama Husaini menanyakan tugas Matematikanya disekolah. Walaupun saya bukan guru matemaika, tapi  saya boleh dikatakan jago matematika juga lho. (heheheh).

Pertanyaan pada soal PR matematika husaini saya jawab dengan mudah dan saya bagikan pada sobat Fisika Pak Salim Semuanya. Alasan saya bagikan karena matematika memang pelajaran yang disukai pak salim ketika SMP, SMA, Kuliah dan sampai sekarang masih senang belajar matematika, sahabat Fisika pak salim juga harus bisa dan senang belajar Matemaika.

Soal Matemaika Kelas XI Semester 1 tentang data gabungan
Seorang ibu memiliki anak 5 orang. Anak tertua berumur 2P tahun, anak termuda berumur P tahun sedangkan 3 anak yang lain berturu-turut berumur 2P-2, P+2, dan P+1. Jika rata-rata umur mereka 17 tahun maka umur anak tertua adalah .....

Penyelesaian
Karena rata-rata umur anak 17 tahun, maka jumlah umur anak 5 orang  = 17 x 5 = 85
Jumlahkan umur anak dari tertua – termuda
2P + (2P-2) + (P + 2) + (P+1) + P = 85
(2P + 2P + P + P + P) – (2 + 2 + 1) = 85
7P + 1 =85
7P = 84
P = 12
Karea umur anak terua adalah 2P, maka 2 (12) = 24 Tahun
Bagaimana sahabat pelajara semua, mudahkan


EmoticonEmoticon